Agama - Pertemuan 1

Agama

PAI di dunia perkuliahan sangat penting sebagai sarana pengetahuan agama disamping pengetahuan akademik untuk mengembangkan sikap akhlak yang baik. Diharapkan mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik, bersikap mandiri dan toleran. Indonesia memiliki ragam agama, suku, ras, dan budaya. Dengan adanya pelajaran matkul PAI ini menjadikan mahasiswa menjadi manusia lebih toleran.

Dalam pembelajaran matkul PAI di harapkan mahasiswa mampu menjelaskan istilah Khilafiyah. Khilafiyah adalah perbedaan pendapat. Khilafiyah tersendiri dalam islam artinya adalah perbedaan yang ada dalam islam. Antara tokoh mahzab pasti berbeda pendapat tentang pandangan Khilafiyah tersendiri. Menjelaskan islam dan anti korupsi. Menjelaskan sumber ajaran islam yang terdiri dari alquran dan hadits. 

Ibadah mahdah adalah hal yang kita kerjakan secara pribadi seperti shalat dan gairu mahdah yaitu seperti muamalah (jual beli, utang piutang, dsb). Menjelaskan kerukunan antar umat agama, yaitu saling menghormati dan toleransi. Antara umat beragama harus dapat hidup berukun. Menjelaskan urgensi agama dalam kehidupan. Menjelaskan ketuhanan dalam islam (tauhid). 

Menjelaskan etika moral dan akhlak dalam manusia, habluminannas (hubungan antar manusia). Menjelaskan pernikahan dalam islam, berisi larangan dalam islam tentang pernikahan. Menjelaskan sejarah islam sejak dulu dan asal usulnya.

Pengertian pendidikan yang diambil dalam Bahasa arab yang berarti tarbiyah.