Agama - Pertemuan 3

KONSEP MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BERTUHAN

Konsep manusia dalam islam

Jasmani dan Ruhani

Definisi Manusia: Mutahhari> Manusia adalah makhluk paradoksal
                              Dari sudut pandang social> manusia adalah makhluk social
                              Dari sudut pandang logika/mantiq> hayawanun nathiq

Proses penciptaan manusia

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ سُلٰلَةٍ مِّنْ طِيْنٍ ۚ - ١٢
Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah.

23:13

ثُمَّ جَعَلْنٰهُ نُطْفَةً فِيْ قَرَارٍ مَّكِيْنٍ ۖ - ١٣
Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

23:14

ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظٰمًا فَكَسَوْنَا الْعِظٰمَ لَحْمًا ثُمَّ اَنْشَأْنٰهُ خَلْقًا اٰخَرَۗ فَتَبَارَكَ اللّٰهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَۗ - ١٤
Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik.

  1. saripati (berasal) dari tanah
  2. air mani
  3. segumpal darah
  4. segumpal daging, 
  5. tulang belulang
  6. bungkus dengan daging. 

Istilah penyebutan manusia (naas, insan, bahsyar) dalam al-quran. 

Al-Bahsyar
  • Dalam konsep ini, manusia dipandang dari pendekatan biologis.

  • Aspek biologis, penciptaan manusia disebut dengan basyar yang mencerminkan sifat-sifat fisik kimia-biologisnya.

  • Konsep basyar selalu dihubungkan pada sifat-sifat biologis manusia, seperti asalnya dari tanah liat atau lempeng kering 

Al-Insan
  • Kata Al-Insan ini mengacu kepada potensi yang dianugerahkan Allah kepada manusia, yaitu potensi untuk bertumbuh dan berkembang biak secara fisik dan juga potensi untuk bertumbuh dan berkembang secara mental spiritual.

  • Konsep insan selalu dihubungkan pada sifat psikologis atau spritual manusia sebagai makhluk yang berpikir , diberi ilmu dan memiliki amanah.

  • Dalam konteks ini, maka manusia dengan berangkat pada konsep penciptaannya berstatus sebagai pengabdi Allah SWT. Diharapkan, dalam hidupnya manusia akan selalu menyadari hakikat ini. Ia dituntut untuk dapat memerankan dirinya sebagai pengabdi Allah SWT secara konsisten dengan ketaatan penuh.
An-Nas

Kata ini di dalam Al-Qur’an biasa dihubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial. Manusia diciptakan sebagai makhluk bermasyarakat, yang berawal dari pasangan laki-laki dan wanita, kemudian berkembang menjadi suku bangsa, untuk saling mengenal (QS Al-Hujurat 49: 13).

Implikasi kebertuhanan dalam membangun pribadi mulia.

  • Akal
  • Hati
  • Nafsu
  • Manusia yang memiliki akhlak mulia

Tanggung jawab Manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di Bumi 

  • Kata Abd-Allah mengandung arti abdi atau hamba Allah
  • seluruh makhluk yangmemiliki potensi berperasaan dan berkehendak adalah Abd-Allah dalam arti dimiliki Allah.
  • Khalifatullah fil ardhy: Pemimpin di bumi untuk memakmurkan bumi.