Berpikir Komputasi - Pertemuan 2

 

What Is Computational Thinking? 

Berpikir komputasi adalah keterampilan dasar untuk semua orang, bukan hanya untuk ilmuwan komputer. Untuk membaca, menulis, dan menghitung, kita harus menambahkan pemikiran komputasional pada kemampuan analitik setiap orang.

Computer, Computers Everywhere

Is there any human invention that has changed the world more than the computer? 
  • Jenis pekerjaan yang pertama mengandalkan komputer adalah akuntansi dan teknik 
  • Komputer saat ini memberi dampak pada seluruh jenis pekerjaan 

COMPUTER, COMPUTER SCIENCE, AND COMPUTATIONAL THINKING 

  • Perangkat Keras = keyboard, mouse, monitor, dll 
  • Perangkat Lunak = kelompok program komputer 
  • Komputer sudah pasti mesin, namun mesin belum tentu komputer.
Computer Science = Studi yang mencakup seluruh masalah seputar komputer dari perangkat keras hingga perangkat lunak, dari teori dasar teknologi hingga aplikasi end user.
Computer architecture 
  • Robotics
  • Networking
  • Artificial intelligence 
  • Bussiness intelligence 
COMPUTATIONAL THINKING 
  • Computational Thinking menjadi dasar perkembangan komputer yang begitu cepat.
  • Istilah – istilah “multitasking”, “download”, “flash memory” muncul karena konsep komputasi semakin diperbaiki.
  • Salah satu sub pokok dari CT adalah kecerdasan buatan yang saat ini terus berkembang.
Komputer meminjam konsep sempoa, yaitu: 
  • Penyimpanan 
  • Representasi
  • Perhitungan
  • User interface 
Kapan sebuah perangkat dapat dikatakan bisa diprogram?

Perangkat yang benar-benar diprogram adalah program yang berbeda dari perangkat keras sehingga bisa disimpan untuk digunakan kembali pada waktu yang berbeda. Atau dengan  kata lain program "menginstruksikan" perangkat bagaimana  melakukan sesuatu, sehingga memberikan hasil yang berbeda.

Software Pertama

  • Mesin programmable pertama yang diketahui bukan kalkulator adalah alat tenun untuk menenun kain yang disebut Jacquard. Mesin tenun jacquard ini ditemukan oleh seorang pengusaha tenun dari Perancis bernama Joseph-Marie Jacquard pada tahun 1801.

  • Dengan melubangi papan-papan kecil Jacquard menandai benang mana yang akan naik atau turun pada suatu hitungan benang horizontal. Ia juga menandai berapa jumlah benang yang akan naik atau turun. Papan-papan kecil ini digabung menjadi untaian panjang. Dengan papan ini proses penenunan dapat dilakukan secara otomatis. 

  • Charles Babbage seorang matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram.

  • Charles Babbage mengembangkan sebuah Analytical Engine.

  • Analytical Engine disempurnakan oleh Countess Lovelace.
Bagaimana definisi komputer modern yang dapat diterima secara luas saat ini? 
  • It must be electronic and not exclusively mechanical 
  • It must be digital and not analog
  • It must employ the stored program concept 
  1. Tahun 1880, Amerika Serikat melakukan Sensus masih dengan cara manual.

  2. Tahun1890, Herman Hollerith menemukan sebuah mesin penghitung untuk tabulasi sensus.
     
  3. Mesin Hollerith sudah menggunakan listrik, dan dianggap sebagai mesin penghitung pertama yang menyerupai komputer. 

  4. Hollerith terus mengembangkan mesin tabulasi nya dengan mendirikan Tabulating Machine Company. Tabulating Machine Company kemudian bergabung dengan IBM pada tahun 1924.

  5. Sebelum 1930 > belum ada penemuan yang bersifat digital. 

  6. Digital vs Analog > jam tangan, speedometer.

Komputer Modern Pertama

Setiap komputer modern pasti ada setidaknya satu dari masing-masing dari berikut ini: 
  1. Perangkat input 
  2. Perangkat output
  3. Memori
  4. Prosesor 
  5. Tahun 1947 sebuah paten bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) diajukan sebagai komputer pertama. ENIAC dikembangkan oleh John Mauchly (fisikawan) dan Peter Eckert (insinyur listrik) dari University of Pennsylvania. ENIAC telah digunakan untuk Angkatan Darat AS sejak tahun 1946. 
  6. ENIAC tersusun atas 19.000 vakum tabung dan 1.000 relay 
Patenatas ENIAC dibatalkan pada tahun 1973 
In1937–1938twophysicists—JohnAtanasoff and Chuck Berry—at Iowa State University built a machine they called the ABC Computer 
ABC Computerbelum dapat menyimpan program, masih di program untuk penyelesaian persamaan linier.

Keunggulan ABC Computer: 
  • The first fully electronic and programmable calculator 
  • The first to incorporate an electronic memory 
  • The first to use binary numbers 

Moore's Law

  • 1959 beberapa fisikawan, terutama Jack Kilby dan Robert Noyce menemukan sebuah teknologi sebagai pengganti tabung vakum dan relay > microchip.

  • Robert Noyce dan Gordon Moore, mendirikan Intel Corporation.

  • Tahun1965,GordonMooremengatakan:“kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali dengan biaya konstan” (Moore’s Law). 

  • Apa dampak positif dari Moore’s Law?
    - Usia produk elektronik semakin pendek.
    - Produk-produk semakin banyak dan beragam.
    - Biaya Produksi yang rendah.

  • Apa Dampak negative dari dampak Positifa danya Moore’s Law?
    - Daya yang dibutuhkan semakin banyak.
    - Panas yang dikeluarkan oleh produk semakin tinggi.

Komputer dan Pemecahan Masalah

  1. Apakah Komputer berperan untuk pemecahan masalah? 
  2. Apakah kita bisa hidup tanpa komputer? 
  3. Seberapa penting peran komputer dalam kehidupan kita? 
  4. Apakah perlu kita memahami computational Thinking/berfikir komputasi untuk pemecahan masalah? 

Kesimpulan

  1. Pemikiran para ilmuwan komputer sering kali ditentukan oleh teknologi yang mereka gunakan.

  2. Mengeksplorasi penemuan dasar yang mengarah pada perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang digunakan saat ini. Sangat menarik untuk dicatat bahwa selama 50 tahun terakhir bisa dibilang hal yang paling signifikan terjadi dengan komputer adalah kemampuan mereka untuk memecahkan lebih banyak masalah.

  3. Peningkatan aplikasi komputer ini merupakan akibat langsung dari hukum Moore, menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih murah.

  4. Komputer sangat penting dalam kehidupan kita untuk pemecahan masalah.

  5. Proses Pemecahan Masalah di Komputer adalah karya yang dimaksudkan untuk menawarkan perlakuan sistematis terhadap teori dan praktik merancang, mengimplementasikan, dan menggunakan alat perangkat lunak selama proses pemecahan masalah.