Bisnis Proses Fundamental - Pertemuan 2

Bisnis Proses Fundamental

Materi Bab 1 dari buku Fundamental of Business Process Management: Baca Disini

Selanjutnya salah satu proses Life Cycle BPM adalah Identifikasi Proses:

Identifikasi Proses adalah mendefinisikan proses bisnis yang ada dalam perusahaan dan menentukan kriteria untuk memprioriritaskan manajemen proses tersebut.

Fungsi: Identifikasi proses dibutuhkan untuk mengerti perusahaan secara menyeluruh dan memaksimalkan nilai inisiatif BPM.

Output / Hasil: memotret proses bisnis organisasi, menghasilkan arsitektur proses dan ruang lingkupnya.

Langkah-langkah: proses identifikasi adalah fase desain dan evaluasi.

Fase Desain: utama dan lingkup

Fase evaluasi: hal-hal yang dievaluasi adalah keselarasan dengan tujuan strategis, kesehatan proses, politik&budaya, dan risiko.

Kegagalan identifikasi proses antara lain adalah tujuan proyek tidak jelas, lingkup proses terlalu sempit, lingkup proses terlalu luas,proses teridentifikasi terisolasi kepada proyek lainnya, anggota member dan stake holder tidak ada informasi, dll.

Identifikasi Stakeholder

  1. Pemilik proses, bertanggung jawab secara efektif dan efisien operasi dari proses yang dimodelkan (contoh: Sistem Analis).

  2. Partisipan proses primer, yaitu mereka yang secara langsung terlibat dalam pelaksanaan proses yang sedang dianalisis (contoh: Dosen).

  3. Peserta proses sekunder, yaitu mereka yang secara langsung terlibat dalam pelaksanaan sebelumnya atau yang berhasil di proses.