Pengantar Sistem Informasi - Pertemuan 1

Pengantar Sistem Informasi

Kerangka Kerja Sistem Informasi:

  1. Management Challanges
  2. Information Technologies
  3. Foundations Consepts
  4. Development Process
  5. Business Application

Peran Sistem Informasi dalam Bisnis

1. Mendukung Proses Bisnis dan Operasional

Sebagai konsumen, kita pasti sering melihat sistem informasi yang mendukung proses bisnis dan operasional di toko ritel dimanapun kita belanja.

2. Mendukung Pengambilan Keputusan Melalui Pegawai dan Manajer

Sistem informasi juga membantu manajer untuk membuat keputusan yang lebih baik. Sebagai contoh keputusan terkait produk apa yang akan ditambahkan atau dihentikan pada suatu bisnis toko online.

3. Mendukung Strategi untuk Keuntungan yang Kompetitif

Mendapatkan keuntungan strategis dibandingkan competitor membutuhkan inovasi dari pemanfaatan teknologi informasi. Sebagai contoh manajer toko mungkin akan membuat keputusan untuk melakukan instalasi kios (computerstand) berbasis touchscreen.

Klasifikasi Sistem Informasi


Operation Support System

Transaction Processing System
Pada sistem informasi ini data di proses sebagai hasil dari transaksi bisnis, diperbarui, dan mencetak dokumen bisnis. Contoh: inventory system, accounting system.

Process Control System
Sistem informasi yang berfungsi untuk memonitor dan mengkontrol proses industri. Contoh: power generation system, steel production system.

Enterprise Collaboration System
Sistem informasi yang berfungsi untuk mendukung tim, grup, komunikasi dalam suatu perusahaan. Contoh: e-mail. Chat, danvideo conference.

Management Support System

Pada level ini, sistem informasi sudah fokus kepada penyediaan informasi dan
mendukung pengambilan efektif bagi manajer.

Management Information System
Sistem informasi ini menyediakan informasi dalam bentuk laporan maupun tampilan secara live kepada manajer terkait dengan kondisi/status perusahaannya yang terkini. Contoh: Laporan hasil penjualan produk harian yang disajikan pada website.

Decision Support System
Sistem informasi ini menyediakan dukungan langsung kepada manajer saat proses pengambilan keputusan. Contoh: seorang manajer produksi menggunakan DSS untuk melakukan analisis what if sebagai bagian dari keputusan untuk menentukan berapa produk yang akan diproduksi berdasarkan hasil penjualan yang berasosiasi dengan lokasi dan ketersediaan bahan mentah.

Executive Information System
Sistem ini menyediakan informasi kritis perusahaan yang bersumber dari variasi sumber data yang beragam baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Contoh: Direktur ingin mengakses informasi berbasis grafis yang menampilkan area kunci dari ketercapaian target organisasi.

Klasifikasi Lain Sistem Informasi

Expert System
Sistem ini digunakan untuk menyediakan database saran terbaik yang dikumpulkan dari berbagai pakar yang ahli sesuai bidangnya.

Knowledge Management System
Sistem ini digunakan untuk menyimpan dan mengelola pengetahuan dalam suatu organisasi.

Kesuksesan dan Kegagalan Pemanfaatan Sistem Informasi

1. Kesuksesan pemanfaatan sistem informasi tidak hanya diukur melalui efisiensi dalam hal biaya, waktu dan penggunaan sumber daya.

2. Kesuksesan pemanfaatan Sl juga diukur dari efektifitas teknologi informasi yang mendukung strategi bisnis dari organisasi, proses; bisnis, dan meningkatkan budaya organisasi, dan meningkatnya customer dan nilai bisnis.

Mengembangkan Solusi Sistem Informasi

  1. Investigate
  2. Analyze
  3. Design
  4. Implement
  5. Maintain