Pengantar Sistem Informasi - Pertemuan 3

Teknologi Hardware Komputer

Komputer digital pertama kali diperkenalkan dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) pada tahun 1946 di Moore School of Electrical Engineering of the University of Pennsylvania. 

Pertama kali dikembangkan, ENIAC menggunakan teknologi tabung hampa udara dan dapat memproses 5000 komputasi per detik

ENIAC membutuhkan tempat sebesar 1500 meter persegi dan dapat memproses 1 program atau 1 permasalahan dalam satu waktu

1950, Remington Rand memperkenalkan UNIVAC (Universal Automatic Calculator). Dapat memproses 15000 komputasi per detik. 

1957, diperkenalkan IBM 704 yang dapat memproses 100 ribu komputasi per detik.

1960, ditemukan teknologi transistor yang dapat memproses 200 ribu . hingga 250 ribu komputasi per detik.

Kategori Komputer


Microcomputer: Contoh Notebook, Laptop.

Midrange Systems: Serrver bertipe high-end dan tipe lainnya dari server yang dapat memproses aplikasi bisnis berskala besar. Meskipun tidak sekuat computer mainframe, midrange system lebih terjangkau untuk dibeli, mudah untuk dioperasikan, dan dipelihara.

Mainframe Systems: Mainframe computer adalah komputer yang berukuran besar dan memiliki kehandalan serta kecepatan yang tinggi. Biasanya juga disebut sebagai superserver. Mainframe dapat memproses jutaan instruksi per detik (MIPS). Memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar.  Sangat populer bagi teknologi data mining dan data warehousing dan juga aplikasi aplikasi e-commerce.

Moore's Law

Goordon Moore, cofounder Intel Coorporation, menemukan suatu observasi pada tahun 1965 (hanya 4 tahun sejak IC ditemukan) yang kemudian disebut sebagai hukum Moore. Moore mengatakan bahwa pertumbuhan jumlah transistor per IC diprediksi akan terus berlanjut secara eksponensial.

Periferal Komputer

Periferal adalah nama umum yang diberikan kepada seluruh perangkat input, output, dan penyimpanan sekunder yang masih merupakan bagian dari komputer.

Periferal komputer biasanya dibagi menjadi 3 jenis yaitu periferal masukan (input) dan periferal keluaran (output), dan media penyimpanan (storage).

Periferal Input: Keyboard, Mouse, Trackball, Joystick, Light Pen.

Periferal Output: Layar, Printer.

Teknologi Penyimpanan


Memori semikonduktor 

Memori komputer yang terbuat dari bahan semikonduktor, perangkat penyimpanan data elektronik ini biasanya diimplementasikan ke sebuah semikonduktor berbasis sirkuit terpadu (IC).

Berdasarakan kemampuannya dalam menahan data saat tidak ada tegangan, memori semikonduktor dibedakan menjadi non-volatile dan volatile. Non-volatile sendiri adalah kemampuan memori semikonduktor untuk menyimpan data dalam perangkat bahkan saat komputer dalam keadaan mati. Sedangkan volatile adalah ketidakmampuan memori menahan data ketika komputer dimatikan.

Magnetic Disk

Piringan bundar yang terbuat dr bahan tertentu dengan permukaan yang dilapisi bahan yang dapat di magnetasi. Mekanisme baca dinamakan conduction coil.

Optical Disk

Optical disk merupakan media penyimpanan data yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik dalam melakukan pembacaan (reading) dan penulisan (writing) data. Optical disk drive adalah perangkat yang dapat membaca (reading) data dari optical disk atau menulis (writing) data ke optical disk.

Magnetic Tape

Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini juga dipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi diambil dari CPU lalu disimpan pada tape lainnya.