Pengantar Sistem Informasi - Pertemuan 4

Definisi dan Tipe Software

Software atau biasa disebut sebagai perangkat lunak adalah terminology umum yang digunakan untuk berbagai macam program yang digunakan untuk mengoperasikan dan memanipulasi komputer dan periferalnya.

Software memiliki dua buah tipe yaitu application software dan system software

Application software terbagi menjadi dua kategori yaitu general purpose dan function-specific application program.

Tipe Software

General Purpose Application Software adalah program yang memproses informasi umum kepada end users. Sebagai contoh yaitu word processing, spreadsheet, database management, dan program untuk mendesain.

Function-Specific Applications Software adalah program yang mendukung pekerjaan spesifik seorang end user dalam dunia bisnis dan bidang lain. Contoh: ERP, e-CRM, e-Commerce, e-SCM.

Groupware

Groupware adalah software yang membantu kelompok/tim dalam berkolaborasi untuk memenuhi tugas tersebut.

Groupware masuk ke dalam kategori general purpose application software yang mengkombinasikan bermacam-macam fitur dan fungsi software untuk memfasilitasi kegiatan kolaborasi. Contohnya: Microsoft Exchange Email, Lotus Notes.

Freeware, Shareware, dan OpenSource Software

Freeware adalah software gratis yang dapat di download dan digunakan namun customer tidak bisa melihat source code software tersebut. Biasanyal disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. 

Shareware adalah software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli.

Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi.

Open Source adalah software dapat di download dan source code-nya dapat dibuka ke publik. Sehingga bagi yang mampu, source code nya bisa memodifikasi dan mendistribusikan ataupun mempublikasikan source code hasil modifikasi dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap. mempertahankan nama softwarenya.

System Software: Computer System Management

Kategori system software dibagi menjadi dua kategori yaitu system management program dan system development program

System Management Program yaitu program yang dapat mengeola hardware, software, jaringan, dan sumberdaya data dari suatu komputer pada saat adanya pemrosesan informasi. Contohnya yaitu Operating System, Network Management Program, Database Management System, dan System Utilities.

System Development Program yaitu program yang dapat membantu pengguna dalam mengembangkan sistem informasi. Contoh software yaitu Dev C++, Codeblocks, Netbeans, Turbo Pascal, Microsoft Visual Studio.

Data Resource Management

Konsep Dasar Data

Karakter adalah elemen data lojik yang paling dasar. Karakter terdiri dari alphabet tunggal, numeric atau symbol lainnya.

Field atau biasa disebut juga sebagai item data adalah sekumpulan karakter yang berrelasi. Contohnya Kelompok karakter alphabet dalam nama orang, kelompok angka dalam jumlah penjualan. Field biasanya menunjukkan suatu atribut (karakteristik) dari suatu entitas (Bisa berupa objek, manusia, tempat, atau event)..

Record adalah semua field yang digunakan untuk mendeskripsikan atribut dari suatu entitas.

File adalah sekumpulan record yang saling berrelasi.

Database adalah sekumpulan elemen data yang saling berrelasi secara lojik.

Managing Data Resource

Data Resource Management

Data adalah sumber daya vital dari suatu organisasi yang harus dikelola secara baik.

Organisasi membutuhkan data resource management (DRM) untuk mengelola sumber daya data supaya sesuai dengan kebutuhan informasi bisnisnya.

Tipe dari Database

Operational Database, yaitu database yang menyimpan data rinci yang dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis dan kegiatan operasional dari suatu perusahaan. Contohnya yaitu customer database, human resource database, inventory database, dll

Distributed Database, yaitu database yang dapat menyimpan data ke dalam beberapa server dalam jaringan sekaligus. Database terdistribusi dapat berupa salinan dari database operational. Proses penyalinan tersebut dinamakan replikasi. Replikasi ini dapat meningkatkan performa dari database itu sendiri.

Data Mining

Data Mining adalah Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basisdata dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga

Permasalahan Umum Dalam Pemrosesan Data

Data Redundancy, yaitu duplikasi data artinya data yang sama disimpan dalan beberapa file.

Lack of Data Integrations, yaitu kurangnya perhatian terhadap kemampuan integrasi data, yang mengakibatkan banyaknya data independen yang harus diakses untuk request yang sifatnya ad-hoc.

Database Management Systems

DBMS yaitu perangkat lunak utama untuk mengelola database yang mencakup kegiatan pembuatan, pengelolaan, dan pemantauan database. Contoh Database yaitu: Microsoft Access, Oracle, MySQL, MS-SQL Server, Lotus, Corel Paradox, dll.